Mari Memulai!

Bismillahirrahmanirrahiiim….

Selamat datang di situs baru WordPress saya! Barangkali sudah ada setengah tahun saya membuka akun ini, tapi terganjal oleh banyak hal sehingga baru meneguhkan hati untuk memulainya saat ini. Ya, saat ini.

Saya mulai postingan pertama ini dengan sejarah berdirinya dulu ya…*ahzekh..*. Ceritanya saya berhijrah dari blog lama saya. Saya membuatnya sejak tahun 2009. Waktu itu saya buat dalam rangka ikut-ikutan saja biar keren. Kala itu, si Tumblr ini lagi ngehits bangets. Dan saya pikir, perlu juga ruang untuk mengekspresikan diri, menuangkan isi kepala yang berantakan ini.  Dan nyatanya, isi blog tersebut memang ekspresif dan berantakan banget! haha. Kalau ditelisik, sangat terlihat bahwa postingan-postingannya merupakan postingan spontan dan (tentunya) tidak terkonsep. Akibatnya, tentu saja secara kualitas hasilnya tidak baik. Bahasa yang (terlalu) apa adanya, struktur tulisan yang kurang sistematis, paparan yang terlalu ekspresif sehingga miskin makna, dsb dsb. Keterampilan literasi saya kala itu rupanya belum cukup mumpuni untuk membuat tulisan (atau bentuk postingan apapun) yang cukup oke.

Sedikit banyak blog tersebut menggambarkan sisi kebelum-matangan saya dalam menulis; sebagaimana belum matang individunya :P. Meskipun demikian, hingga saat ini blog tersebut tidak saya deactivate. Dengan alasan -tentu saja- sebagai kenang-kenangan *sentimentil mode ON*. Banyak juga postingan menarik yang mengisahkan keseharian saya yang penuh warna. Dibuang sayang. Ingat betul, ketika baru membuat blog itu saya tengah menyusun skripsi dan baru pasang internet di rumah. Jadi blog  saya manfaatkan kalau sudah mumet sama skripsi. Masih excited sama keberadaan internet di rumah yang kala itu masih tergolong fasilitas yang ‘mewah’. Sedikit saja ada di kepala langsung ditulis. Ada saat-saat saya bisa menghasilkan minimal satu postingan setiap harinya, baik berupa tulisan, obrolan, foto, quote, apapun. Rajin? bukan…bukan rajin. Melainkan impulsif! hahahaha….

Seiring berjalannya waktu dan kesibukan yang berganti, saya tak lagi serajin dulu mengisi blog. Alasan klasik : ngga ada waktu. ckck. Saya isi blog benar-benar sesekali saja kalau ada momen yang dirasa spesial. Menyadari bahwa kualitas tulisan saya belum baik, saya malah menjadi tidak pede untuk menulis. Saya lebih memilih membuat tulisan superpendek berupa status di Facebook sepanjang 1-2 paragraf untuk menuangkan isi kepala. Tulisan superpendek yang (agak) rapi dan bermakna. Ternyata cara itu lumayan melatih saya untuk menulis dengan lebih baik (selain tentunya menambah lebih banyak amunisi menulis melalui berbagai bahan bacaan).

Semakin banyak isi kepala, semakin banyak ngobrol sana-sini, rasanya semakin butuh ruang untuk menuangkannya dalam kemasan yang lebih ‘dewasa’. Ya, akhirnya dibuatlah situs ini. Judulnya saya buat dengan brand baru, menggambarkan sedikit pemaknaan diri yang berbeda dari sebelumnya. Tadinya ingin buat yang versi superserius gitu, ceritanya menunjukkan ‘sisi lain’saya, seperti teman-teman yang tulisannya puitis dan keren-keren itu. Tapi sungguhpun sulit betul! Itulah salah satu hal yang membuatku tertahan memulai postingan di sini. Karena setiap hendak memulai, seolah bukan menjadi diri sendiri. Ya sudah, saya sajikan diriku apa adanya di sini. Dengan segala sisi dewasa dan bocahnya. Dengan segala sisi gegap gempita ekspresi dan keseriusannya. Listi yang sedang terus belajar menjadi individu yang setimbang :).

Selamat menikmati!

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

Up ↑

