Adu Argumen, Debat Kusir, atau Ngajak Berantem?

Gegara hobi banget ngobrol ngaler ngidul sama temen, jadinya saya punya penghayatan tersendiri mengenai proses ini. Saya punya kebutuhan yang sangat tinggi untuk mengekspresikan sejibun pemikiran dan perasaan yang sungguh bergejolak ini *halah*. Maka dari itu, kehidupan sosial yang akrab bisa dibilang menjadi salah satu kebutuhan dasar saya yang sulit dibendung. hehe… Namun saya penganut diskusi ngaler ngidul live atau minimal chatting. Saya biasanya menghindari berbalas argumen (apalagi topik sensitif) di media sosial untuk menghindari mispersepsi, penundaan atau tumpang tindih respon yang menurut saya terkadang membuat diskusi jadi kurang asyik.

Ngobrol ngaler ngidul ini terkadang bentuknya hanya diskusi ringan keseharian, bisa juga diskusi agak berat yang melibatkan berbagai ilmu. Tak jarang juga diskusinya berkembang menjadi adu argumen dan debat kusir. haha. Adu argumen dan debat kusir ini memang beti alias beda tipis. Menurut saya ada kategori tambahan juga, yaitu ‘ngajak berantem’. Saya jadi penasaran, ingin mencoba mengidentifikasi perbedaannya…

Biar agak gaya, saya mencoba menyajikannya dalam bentuk matriks (ssst…ini berdasarkan pengamatan dan penghayatan subjektif ya, belom tentu sama dengan orang lain).

adu argumen, debat kusir, ngajak berantem

Sumber ilustrasi pendukung: http://www.123rf.com

Nah dari ketiga kategori tersebut, kamu biasa melakukan yang mana? mana yang menurut kamu paling asyik? atau kamu punya kategori dan tambahan identifikasi perbedaan? 🙂

 

Salam ngobrol ngaler ngidul!

 

 

About listiarahmandaru

Penyuka jalan kaki. Pecinta aneka jajanan Bandung. Dalam keseharian bergaul dengan topik psikologi dan pendidikan. Antusias terhadap topik terkait budaya khususnya angklung, mainan edukatif anak, lingkungan hidup khususnya berkebun. Penggemar warna hijau dan batik.
This entry was posted in implang impleng, psikologi and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

